![]() |
Image Source |
Apabila terjadi insiden, cukup klaim ganti rugi kerusakan ke pihak asuransi, dan mobil/motor dapat sembuh seperti sedia kala tidak dengan mesti merogoh kocek dalam-dalam. Tetapi, untuk menentukan klaim asuransi mobil cair, pastikan ikuti prosedur klaim kendaraan dengan benar.
Prosedur klaim asuransi mobil lumayan gampang, kok.
Yang penting kita teliti dan tidak mempunyai anggapan enteng urusan
administrasi. Berikut ini step klaim asuransi mobil :
1. Langkah pertama
Kalau terjadi kecelakaan yang membuat kendaraan rusak, cepat
photo bidang yang rusak. Ini terutama jika kendaraan itu rusak berat atau
bahkan hingga tidak mampu jalan. Photo ini penting juga sebagai bukti disaat
klaim asuransi kelak.
2. Siapkan Dokumen
Segera sediakan dokumen yang menjadi persyaratan klaim, jadi
sebelum anda mengajukan klaim coba tanyakan terlebih dahulu dokumen apa saja
yang jadi persyaratan untuk klaim asuransi mobil anda.
3. Datangi bengkel rekanan
Sesudah berkas terkumpul, datangi bengkel rekanan dan katakan
kepada orang bengkel bahwa anda hendak klaim asuransi. Bengkel rekanan bakal menghubungi
perusahaan asuransi dan menyurvei kerusakan. Jangan Sampai datangi bengkel yang
bukan rekanan dan serta-merta lakukan servis. Jika demikian, ya siap-siap saja
klaim di tolak.
Kalau kecelakaan yang membuat mobil rusak terjadi di luar
kota, cepat hubungi kantor perwakilan perusahaan asuransi di daerah terkait.
Lalu ceritakan insiden itu dan minta tata cara untuk jalankan klaim di sana.
Batas maksimal untuk menghubungi perusahaan asuransi yakni 3 x 24 jam sesudah
kecelakaan.
4. Mengisi formulir
Saktu berada di bengkel, kita akan diberikan selembar
formulir klaim. Isilah formulir tersebut dengan sejelas-jelasnya dan
sejujur-jujurnya. Janganlah beranggapan mudah detil-detil kejadian seperti jam
berapa, nomer jalan, dan sebagainya. Terus, janganlah coba-coba berbohong,
dikarenakan mereka pasti bakal memeriksa.
Apabila tidak begitu, berarti tak niat untuk dapat klaim.
Pasalnya, bila data pada formulir tak sesuai dengan yang ada di lapangan,
seratus persen dapat di tolak deh!
Sesudah seluruh step diatas dilalui, tinggal tunggu info
dari bengkel. Seandainya kerusakan cuma lecet sedikit, paling 2-3 hari telah
kelar. Maksimal 7 hari.
Namun jikalau kerusakannya parah sekali, bisa dua pekan
bahkan hingga sebulan waktu perbaikan. Apalagi kalau mesti mendatangkan spare
part dari luar negeri alias impor. Barang tersebut baru tersedia sesudah
mendapat order.
Jadi apabila bengkel menyampaikan mesti order spare part
dulu, minta kepastian kapan kendaraan dapat diambil. Khusus mobil, biasanya
perusahaan asuransi saat ini menyediakan kendaraan pengganti untuk mobil yang
mesti menginap di bengkel dalam dalam waktu lama.
Namun ya itu, rata-rata ada stiker “mobil pengganti PT
bla..bla..bla..” tertempel di mobil tersebut. Seandainya tidak merasa risih
dengan adanya stiker itu, kita dapat meminta mobil yang lain. namun pertolongan
itu rata-rata berhenti 5 x 24 jam sesudah mobil kita masuk bengkel.
Itulah step demi step prosedur klaim asuransi mobil dan
motor pada biasanya.
Pastikan lalui tahapannya tepat dengan aturan supaya klaim
asurasi cair. Jadi, premi yang telah dibayar tak mubazir dan kita tidak perlu
mencak-mencak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar