Kamis, 05 November 2015

Perlukah Premi Asuransi Mobil Dijadikan Standar Pemilihan Asuransi ?

Image Source srijayaholiday

Memilih asuransi untuk kendaraan memang tidak boleh sembarangan. Kenapa ? Karena bisa dibilang kendaraan harus dilindungi semaksimal mungkin sebab, dilihat dari nilai secara finansial yang cukup tinggi, dan kendaraan dapat dijadikan sebuah alat investasi jangka panjang bagi para pemiliknya. Untuk itu, sebelum memilih perlindungan yang pas, ada banyak factor yang perlu diperhatikan saat memilihnya.

Di Indonesia sendiri, masih banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap asuransi itu sendiri. Respon dari masyarakat masih sangat rendah, banyak yang tidak percaya bahkan ada juga yang menganggap bahwa asurasni merupakan sebuah bentuk percobaan penipuan. Malah ada beberapa yang justru alergi terhadap perusahaan asuransi.

Banyak juga yang menganggap membeli asuransi bagai melukis di atas air, terasa sia-sia karena apa yang kita beli tidak Nampak secara fisik. Saat membeli asuransi memang kita hanya akan mendapatkan secarik kertas berisi perjanjian yang biasa disebut dengan polis. Karena hal itulah banyak yang menyepelekannya meskipun manfaat yang kita dapatkan nanti amat sangat besar.

Apabila kita mengusut hal tersebut dalam tulisan kali ini, maka akan memakan banyak halaman yang tertulis. Karena beraneka ragam alasan mengapa penetrasi asuransi di Indonesia ini tergolong dalam kategori amat sangat rendah ketimbang negara tetangga seperti Malaysia maupun Singapura. Namun jelas alasan yang paling mendasar adalah literasi yang juga kurang.

Kembali kepada masalah di awal mengenai beberapa faktor yang dijadikan pertimbangan utama seseorang dalam memilih asuransi mobil. Tapi satu permasalahan yang dijadikan patokan bagi banyak orang adalah harga premi asuransi mobil tersebut. Kebanyakan mereka hanya menilai dari sudut ini, karena kurang sekali pemahaman akan manfaat yang diberikan oleh pihak asuransi terkait.

Sebenarnya tidak ada masalah dari manakah mereka menilai sekaligus menimbang manakah perlindungan asuransi yang cocok untuk kendaraan mereka. Permasalahan yang sebenarnya adalah apakah mereka mengetahui apa saja manfaat yang didapatkannya, seperti fasilitas yang didapat, dan satu yang juga tidak kalah penting adalah kita harus mengetahui bagaimana latar belakang perusahaan asuransi yang akan kita pilih.

Hal terakhir adalah yang paling penting harus kita cermati. Latar belakang perusahaan asuransi bakal berdampak juga pada saat nantik klaim yang akan kita jalankan. Maka dari itu banyak ahli menyarankan gunakan asuransi yang perusahaannya sudah punya nama besar, dengan memilih yang sudah kenamaan maka bisa dipastikan fondasi yang dibangun sudah sangat kokoh. Sehingga tidak akan ada kendala di tengah jalan nanti.

Biasanya juga perusahaan jasa asuransi yang sudah ternama memberikan banyak fasilitas, terutama dalam hal bengkel rekanan. Sudah pasti relasi mereka lebih banyak, dengan begitu anda sudah tidak perlu repot lagi mencari bengkel rekanan terdekat, karena sudah pasti banyak yang bekerja sama dengan mereka.

Namun jika terpaksa memilih perusahaan asuransi yang belum ternama (biasanya terkendala masalah persyaratan), jangan segan untuk mencari info mengenai perusahaan tersebut, lalu telisik melalui sisi finansialnya.

Nah, dari penjelasan di atas sudah dijabarkan bahwa memilih perusahaan asuransi tidak melulu dilihat dari harga preminya, melainkan banyak yang harus dipertimbangkan termasuk faktor internalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar