Selasa, 14 April 2015

Memilih Asuransi Properti Yang Tepat Untuk Rumah Anda


Asuransi Properti
Image Source foxsymeshomeloans.com.au



Asuransi properti masih belum terlalu populer di kalangan warga Indonesia. Padahal properti seperti rumah atau gudang merupakan aset penting yang harus Anda lindungi.

Kebanyakan, alasan seseorang terhadap asuransi properti adalah karena menyangsikan keuntungan yang nanti akan diperoleh. Padahal, rumah adalah tempat berteduh yang tentu saja membutuhkan perlindungan risiko apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti banjir atau kebakaran. Apalagi Anda tinggal di kawasan yang rawan banjir atau daerah yang cukup padat penduduk maka perlindungan asuransi properti akan menanggung sebagian risiko sesuai dengan nilai pertanggungan yang telah disepakati. Asuransi akan memberikan ganti kerugian yang diderita sesuai dengan polis yang telah disetujui. Apabila Anda berminat dengan asuransi properti, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam memilih asuransi properti:

Lihat Reputasi
Reputasi perusahaan adalah bagian penting dari produk asuransi. Jangan sampai Anda membeli produk asuransi dari perusahaan yang ilegal dan mempunyai reputasi buruk dalam klaim. Pilihlah perusahaan yang tercantum di AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) dan Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan). Anda juga dapat meminta rekomendasi dari keluarga atau teman – teman yang mempunyai asuransi properti perusahaan yang reputasinya baik.

Sesuaikan Kebutuhan
Anda perlu menyesuaikan kebutuhan Anda dengan polis yang Anda pilih. Anda dapat saja mengambil polis asuransi yang paling komprehensif dengan polis yang mahal tetapi sebaiknya Anda perlu menyesuaikan kebutuhan dengan polis Anda untuk menghemat biaya tahunan yang dibayarkan. Misalnya, Anda tidak perlu memilih perlindungan banjir apabila rumah berada di dataran tinggi, atau Anda tidak perlu memilih pertanggungan untuk tanah longsor jika Anda berada di dataran rendah. Kebutuhan yang disesuaikan akan lebih menghemat biaya premi.

Bandingkan Produk
Perusahaan Asuransi mengeluarkan berbagai macam produk asuransi dengan berbagai fitur dan keuntungan. Anda harus membandingkan semua produk dari berbagai perusahaan untuk mendapatkan asuransi yang paling cocok dengan kebutuhan dengan biaya polis yang rendah.

Pelajari Polis
Polis merupakan perjanjian antara Anda dan perusahaan asuransi. Anda wajib untuk mengetahui setiap poin dari polis yang tertulis dalam polis tersebut. Jika masih ada poin dalam polis yang tidak dimengerti, Anda harus menanyakan sampai jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa yang akan datang.

Tanyakan Prosedur
Hal yang selalu penting dalam asuransi adalah, Anda harus mengetahui prosedur klaim jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Mintalah agen asuransi yang anda pilih untuk menjelaskan prosedur klaim agar Anda bisa segera melakukan klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan sesuai dengan polis yang telah disepakati.



Dengan berbagai manfaat dan keuntungan yang ditawarkan dari asuransi properti. Anda harus mempertimbangkan produk asuransi properti untuk melindungi aset properti berharga seperti rumah atau gudang dari berbagai resiko yang dapat terjadi kapanpun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar