Senin, 09 Februari 2015

Memilih Asuransi Mobil Terbaik Antara All Risk dan TLO



asuransi mobil terbaik
Image Source cekpremi.com




Ketika hendak menggunakan asuransi mobil, maka kita akan dihadapkan dengan dua pilihan jenis asuransi. Kedua jenis asuransi tersebut adalah All Risk dan Total Loss Only (TLO). Memilih dengan tepat salah satu dari dua jenis asuransi tersebut akan sangat membantu anda dalam hal financial planning. Karena mulai dari biaya premi sampai jumlah total pertanggungan akan sangat membantu anda dalam menghitung estimasi keuangan anda kedepan, juga termasuk resiko-resiko yang bisa saja menghampiri dan menyebabkan kerugian dimasa mendatang.

Lalu manakah asuransi mobil terbaik dari dua jenis tersebut? Berikut adalah penjelasannya :

Perbedaan Perlindungan Yang Diberikan

Kategori yang pertama adalah Total Loss Only (TLO), jenis asuransi kendaraan ini hanya menjamin resiko kehilangan atau kerusakan pada kendaraan minimal 75% yang menyebabkan kendaraan tidak dapat digunakan lagi. Perusahaan asuransi akan membayar uang klaim jika terjadi hal tersebut, akan tetapi bila kerusakannya kurang dari 75% maka perusahaan asuransi tidak bisa mencairkan klaimnya.

Kelebihan asuransi kendaraan jenis ini adalah jaminan resiko kehilangan yang luas, jadi para pemilik asuransi mobil jenis TLO dapat mengajukkan klaim jika terjadi resiko kehilangan akibat pencurian, syaratnya prosentse kehilangan tersebut minimal 75 %. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi malah ada yang menggabungkan perluasan jaminan Third Party Liability (TPL) dengan asuransi TLO. Third Party Liability atau yang dikenal dengan tanggung jawab pihak ketiga adalah perlindungan hukum yang diberikan jika anda menabrak mobil orang lain, namun tentu saja syarat dan ketentuan berlaku sesuai dengan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Sekarang coba kita lihat untuk kategori kedua, yaitu jenis asuransi mobil all risk. Asuransi ini menjamin hampir semua resiko, tanpa menghitung kecil atau besarnya persentase kehilangan atau kerusakannya. Asuransi jenis ini juga dilengkapi dengan penambahan perluasan jaminan seperti kehilangan kendaraan, dan perusakan. Selain menanggung seluruh resiko pada kendaraan, asuransi all risk memberikan anda perlindungan terhadap tanggung jawab pihak ketiga jika anda menabrak mobil orang lain.

Mana Yang lebih Baik ?

Biaya premi dan luasnya perlindungan akan selalu berbanding lurus sama seperti asuransi lainnya seperti asuransi motor dan perjalanan, jika kita membandingkan kedua jenis asuransi tersebut dari sisi harga premi, maka asuransi TLO lah yang menang karena harga preminya yang lebih murah dibanding asuransi all risk. Tapi jika dilihat dari sisi jaminan perlindungan maka anda bisa memilih asuransi all risk sebagai yang unggul. Jaminan perlindungan yang diberikan asuransi all risk lebih banyak dari asuransi TLO.

Jika dilihat dari dua sisi tersebut maka skor nya adalah imbang, jadi untuk memilih mana yang lebih baik adalah dengan menyesuaikan kebutuhan kendaraan anda. Jika kebutuhan perlindungan mobil tidak terlalu banyak maka anda bisa menggunakan asuransi kendaraan jenis TLO, sebaiknya anda menggunakan pengeluaran uang anda untuk kebutuhan lainnya.

Sebaliknya, jika kebutuhan perlindungan kendaraan anda sangat banyak, tak perlu pikir terlalu lama segera gunakan asuransi kendaraan all risk. Tentu kemungkinan resiko yang akan terjadi tidak akan sebanding biaya yang dikeluarkan dengan harga premi jika kendaraan anda tanpa asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar