Senin, 25 Mei 2015

Indonesia Pasar Potensial Asuransi Motor

Asuransi Motor
Image Source leshinskyfinance.com


Bicara soal bisnis maka kita juga akan berbicara mengenai seberapa besar potensi pasar yang akan dijadikan tempat kita bergelut memperjuangkan usaha yang kita usung. Diperlukan analisa yang amat mendetil serta mendalam agar bisnis atau usaha yang kita usung dapat bertahan (survive) meski nanti akan terus diterjang gelombang-gelombang yang bisa saja menggoyangkan perahu usaha anda. Jadi potensi pasar tersebut turut memiliki andil penting tentang sejauh mana usaha anda akan bertahan, sejauh mana usaha anda akan berkembang. Maka inilah keahlian yang harus dimiliki oleh para orang-orang yang akan terjun dan merapalkan tubuhnya ke dunia bisnis. Bisa dibilang sebagai dunia yang kejam dan bengis, menggilas siapa saja yang lemah dan tak kuat mental.

Setelah menganalisa pasar yang akan dijadikan sebagai sasaran bisnis yang anda hendak jalankan maka apa langkah berikutnya yang harus anda tentukan ? Sebelum anda terjun ke dalam dunia bisnis tentukanlah apa saja persiapan yang harus anda miliki, persiapan tersebut seperti layaknya memperkirakan apa saja yang anda butuhkan sebelum masuk ke medan perang, senjata apa yang akan anda gunakan, serta berapa banyak jumlah peluru yang anda butuhkan selama anda berkonfrontasi dengan lawan dan membuatnya menyerah ? Jadi setelah anda mengetahui seberapa besar potensi pasar bisnis anda, persiapkan apa saja yang akan anda lakukan serta butuhkan saat terjun ke dalam dunia bisnis anda.

Bicara soal bisnis dan potensi pasarnya maka mengingatkan kita akan potensi pasar asuransi yang begitu besar di Indonesia. Penetrasi asuransi di Indonesia termasuk salah satu yang lemah di dunia bahkan di Asia Tenggara. Ini disebabkan pola pikir masyarakat Indonesia yang terbungkus akan trauma penipuan berkedok asuransi. Belum lagi literasi yang dilakukan juga amat kurang, jadi masyarakat banyak yang belum mengetahui tentang manfaat asuransi itu sendiri.

Jika berbicara soal asuransi, maka kita juga mengingat beberapa jenis asuransi. Namun kebanyakan orang hanya mengenal asuransi hanya untuk memberikan jaminan perlindungan kesehatan dan jiwa. Padahal asuransi banyak sekali jenisnya, salah satu jenis asuransi yang belakangan ini booming adalah asuransi kendaraan bermotor. Jenis asuransi ini dibagi ke dalam dua kategori yaitu asuransi motor dan asuransi mobil.

Kedua jenis asuransi tersebut meledak dikarenakan para jasa leasing atau kredit kendaraan bermotor menjual kendaraan bermotor mereka termasuk asuransinnya. Namun asurani tersebut hanya berlaku sampai pada saat cicilan kreditnya lunas saja, selebihnya tinggal bagaimana pemilik mengasuransikannya. Jadi yang jelas tidak bisa dibilang jika leasing atau jasa pelayanan kredit ini merebut pasar asuransi kendaraan bermotor sepenuhnya.

Bila ditelisik lebih jauh maka potensi pasar yang dihadirkan oleh asuransi tersebut di Indonesia sangatlah besar, terutama untuk asuransi motor. Sejauh ini berapa banyak orang yang paham tentang asuransi motor ? Belum lagi manfaat yang diberikan memang benar-benar dibutuhkan di negara yang penuh dengan resiko seperti di Indonesia ini.

CEO sekaligus Founder Cekpremi.com Ivan Sunandar mengatakan bahwa pasar asuransi di Indonesia sangat potensial, bahkan tak kurang di setiap tahunnya perputaran keuangan dalam dunia asuransi di Indonesia mencapai 10 triliun Rupiah. Karena itulah banyak dari investor-investor asing mengincar pasar yang cukup potensial ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar