Senin, 01 Juni 2015

Agar Klaim Asuransi Kesehatan Tidak Ditolak

Asuransi Kesehatan
Image Source nerdwallet.com


Kredibilitas perusahaan asuransi bisa dilihat pada saat pengajuan klaim. Bagaimana prosedurnya ? Juga tentang keseriusan perusahaan asuransi menanggapi klaim anda. Pada saat inilah banyak orang yang berasumsi negatif terhadap asuransi dikarenakan proses klaim yang orang-orang ajukan. Klaim juga dapat dijadikan sebagai acuan apakah anda harus bertahan dengan asuransi yang anda gunakan saat ini atau beralih ke lainnya.

Kebanyakan orang yang akan menilai buruk sebuah perusahaan asuransi jika klaim yang mereka ajukan ternyata ribet, dan tertolak. Karena tujuan utama seseorang menggunakan asuransi tidak lain adalah untuk klaimnya tersebut. Jika klaimnya ribet maka perlu dipertanyakan bagaimana kredibilitas perusahaan asuransi tersebut.

Tapi jangan khawatir, tidak semua perusahaan asuransi akan mempersulit dan menolak klaim anda. Hal yang paling penting adalah anda ikut terlebih dahulu prosedur klaim yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Selain itu juga ada beberapa hal yang bisa diklaim sudah tertulis di dalam polis asuransi anda, dan juga ada yang tidak.

Jadi sebelum anda menyalahkan pihak asuransi sebaiknya periksa dulu semua perjanjian, dan prosedur klaim yang harus anda lakukan. Jika masih tertolak kemungkinan masih ada hal yang kurang anda ikuti.

Khusus pengguna asuransi kesehatan berikut ini adalah tips agar klaim asuransi kesehatan anda tidak ditolak :

Keakuratan identitas
Coba cek kembali nama yang tertera di polis dan nama yang tertera di dalam polis. Apakah sama dan sesuai dengan nama yang ada pada kartu identitas anda atau tidak ? Karena itulah penting buat anda yang hendak mendaftarkan diri menggunakan asuransi untuk memeriksa kembali nama yang ada di dalam kartu identitas dengan nama yang ada di dalam polis. Karena salah huruf saja maka pada saat klaim perusahaan asuransi akan menganggap nama tidak sesuai dengan yang ada di polis, dan kemungkinan besar klaim bisa tertolak.

Pahami penyebab kecelakaan yang ditanggung
Apabila klaim asuransi kesehatan yang hendak anda ajukan adalah karena karena kecelakaan, maka perhatikan di dalam polis asuransi kesehatan anda apakah jenis kecelakaan yang anda alami termasuk ke dalam jenis kecelakaan yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Biasanya jenis kecelakaan yang tidak ditanggung adalah bila kecelakaan yang terjadi akibat ulah si tertanggung sendiri, misalnya saat terjadi kecelakaan si tertanggung sedang dalam pengaruh minuman beralkohol (mabuk), yang kemudian mengendarai mobil pribadi lalu menabrak. Maka hal tersebut tidak akan bisa diklaim oleh perusahaan asuransi
Tenggat waktu pengurusan klaim
Saat anda akan mengajukan klaim biasanya pihak asuransi akan memberikan batas tenggat waktu pengurusan klaim. Biasanya paling lambat adalah sebulan setelah kejadian. Diberi tenggat waktu sebulan guna memenuhi persyaratan dan dokumen-dokumen penting yang menjadi persyaratan saat klaim.

Cakupan cover
Satu hal yang harus anda pahami bahwa asuransi bersifat mengurangi akibat dari resiko yang muncul. Jadi ketika anda mengalami peristiwa kecelakaan, jangan pernah anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Karena asurasni juga membatasi beberapa cakupan-cakupan pengcoverannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar