Senin, 03 November 2014

Konsep Desain Rumah Bergaya Eropa



Sebagian orang menafisrkan rumah mewah dalam arti yang spesifik, karena pada umumnya rumah jenis ini memiliki model, bentuk, desain, dan ukuran yang bermacam-macam. Sekilas jika kita mendengar atau melihat kata rumah mewah, maka hal yang ada di pikiran kita adalah rumah megah nan luas, juga dengan desain interior rule indah dan berisi dengan furnitur berkelas dan mahal.

Bagi segelintir orang rumah mewah sendiri termasuk investasi properti bernilai tinggi dan hanya dimiliki oleh segelintir kalangan tertentu. Arsitek profesional pun dipekerjakan dalam pembuatan desain mengingat banyaknya model desain, baik itu eksterior dan juga interiornya. Sehingga setiap bagian dibutuhkan penanganan yang detail. Lain halnya dengan jenis rumah minimalis yang pada umumnya lebih memaksimalkan fungsi karena luas bangunannya yang cenderung sempit, rumah mewah biasanya lebih memprioritaskan dekorasi untuk memperindah tampilannya agar terlihat lebih fashionable dan mewah.

Desain arsitektur Eropa bisa dikatakan menjadi kiblat hampir semua desain model rumah mewah di sebagian besar wilayah Indonesia. Ini dapat kita lihat dari contoh beberapa model bangunan rumah mewah tersebut rata-rata memiliki pilar-pilar besar yang terletak di depan dan sisi rumah. Pilar-pilar besar tersebut tentu saja mewakili karakter rumah mewah yang terkesan kokoh, megah, dan terkesan ‘maskulin’. Rumah mewah biasanya didesain dengan banyak bulatan-bulatan dan unsur-unsur geometris entah itu teras, bentuk ornamen, ataupun fasade. Jelas ini berbanding terbalik dengan konsep rumah minimalis yang cenderung didominasi bentuk polos, kotak-kotak dan nyaris tanpa ornamen.

Konsep Desain Rumah Gaya Mediterania 

http://infosesukahati.blogspot.com/2014/10/model-desain-rumah-mewah-konsep.html
sumber : modelrumahidaman.info


Saat ini mimpi tinggal di rumah mewah seperti rumah-rumah di  Italia, Turki, Yunani, Spanyol, dan negara-negara Eropa lainnya tidak hanya isapan jempol belaka. Sekarang di Indonesia telah berkembang model desain rumah mewah yang mengambil gaya arsitektur rumah-rumah di negara-negara Eropa tersebut. Model desain arsitektur yang di maksud adalah desain rumah dengan konsep Mediterania. Harapan kita untuk tinggal di hunian megah dan mewah seperti di Eropa pun dapat diwujudkan, dengan mengusung konsep Mediterania ini.

Warna tanah yang ditampakkan pada dinding rumah dan elemen yang dekoratif menjadi salah satu ciri khal model desain bangunan Mediterania. Kebanyakan rumah dengan gaya Mediterania memang lebih cenderung menggunakan warna terakota ataupun beberapa warna natural lainnya. Tingkat ketebalan serta kepekatan hasil pengecatan pada umumnya tidak sama dibanding dengan rumah yang bergaya minimalis atau beberapa rumah lain pada umumnya. Selain itu, hal unik dari model desain Mediterania bisa diterapkan pada rumah berapapun ukurannya. Desain ini juga sangat cocok diterapkan untuk hunian di negara tropis seperti halnya daerah-daerah di Indonesia.

Gaya desain rumah dengan gaya ini memang sangat fleksibel dan mempunyai karakteristik yang khas. Terdapat beberapa bagian khusus yang menampakkan perbedaan desain rumah lain dengan desain rumah gaya Mediterania. Bagian atap rumah desain ini, biasanya memakai desain atap pelana, dan di bagian dindingnya didominasi dengan material batuan alam seperti batu marmer, atau batuan dengan nilai seni lainnya. Untuk ukuran jendela lebih kecil dibanding rumah-rumah lainnya dan biasanya berbentuk persegi panjang dengan bagian atas nya yang didesain melengkung setengah lingkaran. Pintu utama dengan gaya Spanish Renaissance jadi mayoritas yang biasa digunakan pada gaya desain rumah ini. Namun terdapat model pintu persegi empat lengkap dengan ventilasi yang juga memiliki bentuk segi empat atau semi sirkular.

Adanya desain gaya Mediterania ini memang patut dipertimbangkan dan juga bisa jadi solusi bagi anda yang menginginkan rumah tinggal di rumah yang memiliki kesan lebih mewah, apalagi untuk kita yang menetap di kota besar. Lalu bagaimana dengan beberapa orang yang hanya memiliki budget rendah dan tidak cukup untuk membuat rumah dengan model Mediterania? Konsep gaya desain rumah mewah tidak hanya terpaku pada desain Mediterania, akan tetapi cenderung lebih fleksibel agar dapat menyesuaikan dengan ukuran rumah. Dengan kata lain model desain ini dapat ditampilkan juga pada rumah minimalis dengan luas yang sangat terbatas. Dan yang paling penting dari sekedar faktor konsep desain adalah kenyamanan dan kenyamanannya, yang harus jadi prioritas. Dan konsep Mediterania ini hanya salah satu solusi dari faktor-faktor tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar