Image Source |
Kredibilitas perusahaan asuransi bisa dilihat pada saat
pengajuan klaim. Bagaimana prosedurnya ? Juga tentang keseriusan perusahaan
asuransi menanggapi klaim anda. Pada saat inilah banyak orang yang berasumsi
negatif terhadap asuransi dikarenakan proses klaim yang orang-orang ajukan. Klaim
juga dapat dijadikan sebagai acuan apakah anda harus bertahan dengan asuransi
yang anda gunakan saat ini atau beralih ke lainnya.
Kebanyakan orang yang akan menilai buruk sebuah perusahaan
asuransi jika klaim yang mereka ajukan ternyata ribet, dan tertolak. Karena
tujuan utama seseorang menggunakan asuransi tidak lain adalah untuk klaimnya
tersebut. Jika klaimnya ribet maka perlu dipertanyakan bagaimana kredibilitas
perusahaan asuransi tersebut.
Tapi jangan khawatir, tidak semua perusahaan asuransi akan
mempersulit dan menolak klaim anda. Hal yang paling penting adalah anda ikut
terlebih dahulu prosedur klaim yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Selain
itu juga ada beberapa hal yang bisa diklaim sudah tertulis di dalam polis
asuransi anda, dan juga ada yang tidak.
Jadi sebelum anda menyalahkan pihak asuransi sebaiknya
periksa dulu semua perjanjian, dan prosedur klaim yang harus anda lakukan. Jika
masih tertolak kemungkinan masih ada hal yang kurang anda ikuti.
Khusus pengguna asuransi kesehatan berikut ini adalah tips
agar klaim asuransi kesehatan anda tidak ditolak :
Keakuratan identitas
Coba cek kembali nama yang tertera di polis dan nama yang
tertera di dalam polis. Apakah sama dan sesuai dengan nama yang ada pada kartu
identitas anda atau tidak ? Karena itulah penting buat anda yang hendak
mendaftarkan diri menggunakan asuransi untuk memeriksa kembali nama yang ada di
dalam kartu identitas dengan nama yang ada di dalam polis. Karena salah huruf
saja maka pada saat klaim perusahaan asuransi akan menganggap nama tidak sesuai
dengan yang ada di polis, dan kemungkinan besar klaim bisa tertolak.
Pahami penyebab
kecelakaan yang ditanggung
Apabila klaim asuransi kesehatan yang hendak anda ajukan
adalah karena karena kecelakaan, maka perhatikan di dalam polis asuransi
kesehatan anda apakah jenis kecelakaan yang anda alami termasuk ke dalam jenis
kecelakaan yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.
Biasanya jenis kecelakaan yang tidak ditanggung adalah bila
kecelakaan yang terjadi akibat ulah si tertanggung sendiri, misalnya saat
terjadi kecelakaan si tertanggung sedang dalam pengaruh minuman beralkohol
(mabuk), yang kemudian mengendarai mobil pribadi lalu menabrak. Maka hal
tersebut tidak akan bisa diklaim oleh perusahaan asuransi
Tenggat waktu
pengurusan klaim
Saat anda akan mengajukan klaim biasanya pihak asuransi akan
memberikan batas tenggat waktu pengurusan klaim. Biasanya paling lambat adalah
sebulan setelah kejadian. Diberi tenggat waktu sebulan guna memenuhi
persyaratan dan dokumen-dokumen penting yang menjadi persyaratan saat klaim.
Cakupan cover
Satu hal yang harus anda pahami bahwa asuransi bersifat
mengurangi akibat dari resiko yang muncul. Jadi ketika anda mengalami peristiwa
kecelakaan, jangan pernah anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Karena asurasni
juga membatasi beberapa cakupan-cakupan pengcoverannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar