Jumat, 13 Maret 2015

Resiko dan Jumlah Pertanggungan Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan
Image Source telegraph.co.uk


Mulai dari penundaan jadwal pesawat , paspor hilang atau kecopetan, kehilangan atau bagasi rusak, kecelakaan, hingga biaya perawatan rumah sakit, semua dapat perlindungan.

Berbagai keuntungan dan manfaat banyak dimiliki oleh asuransi perjalanan. Namun, masih banyak dari orang yang terkadang enggan untuk membeli jenis asuransi ini. Baik untuk perjalanan lokal maupun internasional.

Padahal risiko tidak dapat dipredikis. Misalnya saat anda melakukan perjalanan ke luar negeri. Bisa saja tiba-tiba kesehatan  anda terganggu dan harus menjalani pengobatan rumah sakit. Apakah Anda tahu berapa harga perawatan yang harus dibayarkan?

Nah, sebenarnya berapa kisaran biaya yang bisa diberikan oleh asuransi perjalanan dari cakupan perlindungan yang diberikan?

Pertanggungan kecelakaan diri

Untuk resiko kecelakaan, Anda akan mendapatkan sejumlah uang santunan yang dibayar untuk risiko kematian, kehilangan salah satu anggota badan, salah satu atau kedua mata, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

Jumlah santunan yang diberikan oleh masing-masing penyedia asuransi memiliki perbandingan berbeda. Namun, biasanya resiko ini rata-rata diberikan pertanggungan sebesar US$100.000.

Ganti biaya perawatan dan pengobatan rumah sakit


Anda akan mendapatkan pertanggungan ketika mengalami sakit ataupun terluka akibat kecelakaan pada waktu melakukan perjalanan dan memerlukan perawatan rumah sakit.

Biaya yang diberikan berupa biaya pengobatan, biaya rumah sakit, biaya operasi, termasuk pengobatan tradisional yang dialami/terjadi selama dalam perjalanan.

Setiap perusahaan asuransi memiliki perlindungan berbeda. Tapi, pada risiko ini biasanya perlindungan yang diberikan mencapai US$200.000.

Jika Anda berpergian ke luar negeri, Anda juga akan mendapatkan biaya perawatan setelah pulang dan sampai ke Indonesia.

Biaya perawatan yang diberikan mencapai US$50 untuk perawatan di luar negeri, dan US$35 untuk rumah sakit local atau domestik. Beberapa perusahaan asuransi bahkan memberikan tunjangan tunai harian ini saat Anda sebagai tertanggung dirawat di rumah sakit lebih dari 24 jam.

Ketidaknyamanan perjalanan

Ini lah risiko yang biasa diajukan klaim. Resiko ketidak nyamanan perjalanan di antaranya adalah hilang atau rusaknya bagasi dan barang milik pribadi, kehilangan bagasi, surat-surat perjalanan hilang, dan penundaan perjalanan selama 12 jam lebih, dan juga pembatalan perjalanan.

Masing-masing penyedia asuransi memiliki batas waktu yang berbeda untuk risiko penundaan bagasi dan penundaan perjalanan. Ada yang memberikan pelindungan lebih dari 6 jam dan ada yang menyediakan perlindungan bila lewat dari 12 jam. Biaya pertanggungan yang diberikan sesuai batas limit yang tertera di sertifikat polis.

Biasanya biaya perlindungan yang diberikan untuk kehilangan bagasi bisa mencapai US$1.500–3.000. Sedangkan, jaminan kehilangan dokumen akan diberikan perlindungan biaya pengurusan dan penggantian sebesar US$300-1.000.

Risiko penundaan, perlindungan yang akan diberikan adalah penggantian biaya atau pengeluaran yang timbul untuk pembelian kebutuhan utama seperti baju ataupun peralatan mandi, dan juga hotel untuk menginap jika penundaan lebih dari 12 jam. Besaran pertanggungan resiko ini kira-kira US$500 nilai maksimum per 6 jam.

Harta benda rumah atau tempat tinggal
Beberapa asuransi memberikan perlindungan untuk membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan. Berapa biaya perlindungan diberikan saat mengalami resiko ini? Biayanya cukup besar, hingga mencapai US$5.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar